Wednesday, May 02, 2007

Perjalanan Jakarta-Yogyakarta-Semarang (Bag.2)


Kali ini mau cerita perjalanan gw ma hubbie berburu makanan. Jadi pas malam terakhir di Jogja, gw ma hubbie nyambangin Pak Poh-nya hubbie di daerah mana gw lupa hehehe. Nah sebelum berangkat gw ma dia udah niat nih setelah dari tempat Pak Poh mo makan yang namanya Sate Klatak. Informasi tentang sate yang bertusukkan "JERUJI SEPEDA" gw dapet dari mailing list http://jalansutra.or.id. Tau dunk itu milis para pecinta kuliner yang dimotori oleh "Mak Nyuss" Bondan Winarno. Setelah tanya ma "Jeng Linda" akhirnya kita tau lah posisi sate itu berada. Bermodalkan peta dari hotel di tengah gelapnya malam dan ditemani oleh rintikan hujan kita siap bertempur. Pokoknya apapun yang terjadi makan Sate Klatak harus, kudu dan wajib hukumnya. Secara mumpung di Jogja geto loh...

Sate Klatak "Pak Jam" lokasinya ada di Pasar Wonokromo. Buat yang nggak tau, ancer2nya dari Terminal Giwangan terus aja ke arah Imogiri. Setelah berkendaraan kurang lebih 5 km akhirnya sampe juga di warung sate Pak Jam. Info aja jalan menuju lokasi agak2 gelap karena kurangnya lampu penerangan jalan. Dan karena waktu itu hujan, jadinya jalanan sepi banget. Gw aja sampe mikir gilakkk apa gk salah nih daerah sepi. Sepanjang jalan menuju pasar Wonokromo banyak banget warung sate tapi elo jangan tergoda karena Sate Klatak yang asik cuma ada di pasar Wonokromo.

Tepat di lampu merah pertama itulah letak Pasar Wonokromo. Kira2 4 langkah dari lampu merah lurus disebelah kiri jalan, loe bakal nemuin warung satenya. Jangan dibayangkan yah warungnya bakalan bagus ato ada tulisan besar, atau mempunyai bangunan yang luas. Warung sate Pak Jam hanya berdindingkan gedek, berlantaikan tanah, dan perpenerangan lampu 25 wat. Lokasinya memang ada di pasar wonokromo. Namanya pasar klo malam kan tutup, aura sepi dan gelap pasti ada. Nah itulah kondisi sekitar warung sate Pak Jam.

Gw ma hubbie pesan sate klatak dan sate bumbu kecap masing2 satu porsi. Jadi satenya adalah sate kambing dan tusukkannya bukan dari bambu atau lidi, melainkan jeruji sepeda. Nah loe bayangin dah makan sate yang tusukkannya segede dan sepanjang GABAN...Awalnya gw mikir sate klatak itu cuma sebutan aja seperti sate bang kumis atau sate bang jampang. Tapi ternyata sate klatak itu adalah sate kambing yang nggak di bumbuin. Jadi setelah di bakar dengan menggunakan anglo cuma di kasih bumbu garam dan merica, ibaratnya sate polos gitulah. Penyajiannya cukup unik. Kalau sate yang bumbu kecap, satenya di lepaskan dari jeruji. Maka sate klatak sak jeruji2 sepedanya dihidangkan diatas meja, plus ada tambahan satu mangkok kuah. Rasanya kuah seperti gulai kambing gitu. Kuahnya itu nggak ada isi apa2 cuma air aja. Lumayan juga rasanya, jadi mengimbangi rasa sate klatak yang cuma asin . Menurut gw rasa sate klatak itu sederhana banget, gk ada rasa kambing atau bau kambing sama sekali dan mungkin itu yang bikin sate klatak Pak Jam jadi "Mak Nyoss". Satu porsi sate dihargai 9 ribu perak, berisikan 2 tusuk sate tapi jumlahnya cukup lah gk lebih nggak kurang.

So buat temen2 yang akan mengunjungi Jogja jangan lupa mampir ke Sate Klatak Pak Jam. Rugi rasanya klo nggak nyoba, so makanan ini bisa jadi alternatif lain selain "gudeg" kan ??.