Sunday, March 05, 2006

Tatoo dan Perkawinan

(Khotbah Nikah Buat Tata)

Ta,

Kata orang perkawinan dan tatoo itu sama. Orang berpikir seribu kali sebelum memutuskan diri untuk mentato tubuhnya, begitu juga ketika mereka memutuskan untuk menikah. Begitu kita menyetempel diri kita dengan tatoo , stempel itu akan melekat selamanya,. Belum lagi risiko yang harus kita hadapi ketika tahu gambarnya ternyata tak seindah yang kita bayangkan.
Bisa kita bayangkan nggak sih, ketika kita sudah ngebayangin sebuah tatoo bergambar bunga mawar yang lagi mekar, namun tukang tatoonya lagi bete karena semalem berantem ama bininya trus yang muncul ternyata gambar kembang kol, buntet lagi. Kita cuma bisa protes, menghapusnya cuma menimbulkan bekas dan luka. Biar dikata sekarang sudah ada teknologi sinar laser, tetap saja menimbulkan bekas rasa panas dan pedih ketika ingin menghilangkan cap itu dari tubuh. Begitu juga perkawinan , kita tak pernah tahu gambaran yang akan kita dapat nantinya. Ketika ternyata gambaran itu tak seindah yang kita bayangkan , kita juga tidak bisa menghapusnya begitu saja.
Sama seperti tatoo, intinya kita juga akan mengalami kebosanan ketika kita tiba-tiba menyadari setiap hari melihat gambar itu-itu saja. Nah, perkawinan adalah pergulatan mengelola dan mengatasi rasa bosan yang akan muncul, karena hidup bersama dengan orang lain dalam satu ikatan bukanlah hal yang mudah.
Yang kita perlukan adalah keikhlasan. Keikhlasan untuk menerima kekurangan, menerima apa yang mereka berikan,keikhlasan untuk memberikan apa yang kita miliki kepada pasangan kita, keikhlasan untuk memaafkan mereka jika mereka melakukan suatu kekhilafan. Tetap menghormati mereka dan rendah hati, setinggi apapun posisi yang kita dapatkan dalam karir kita.
Karena sesungguhnya kita ini bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Kita juga tidak memiliki apa-apa. Ada orang-orang yang dititipkan Tuhan sebagai suami, istri, anak, kakak, adik orang tua, teman, sahabat dan musuh. Mereka adalah amanah yang harus kita jaga dengan baik, sampai suatu saat mereka akan terambil dengan cara yang tidak pernah kita mengerti. Mereka juga memiliki takdir hidup mereka sendiri yang kadang berlawanan dengan takdir kita. Ketika kita menyadari semuanya ini, kita akan sadar, tak ada yang bisa kita lakukan kecuali menjalani semuanya dengan ikhlas dan mengembangkan kemampuan kita untuk memaafkan.
Kenyataannya lelaki hanyalah makhluk yang tak pernah mau dewasa dan ingin terus dimanjakan egonya. Be Happy with your new tatoo, Ma Lil Sista.

Fill it with Love,
Fire it with Passion,
Pass it with Patience,

With All Ma Bless

Luv

NONE
Tulisan ini saya terima -dari seorang teman yang saya kenal di dunia maya- beserta sebuah buku novel berjudul "the da vinci code" sebagai hadiah pernikahan saya. Tante none (begitu saya memanggilnya) adalah seorang penjelajah dunia maya kawakan (klo boleh saya menyebutnya begitu). Banyak yang saya dapat dari dia, mengenai dunia buku, ilmu pengetahuan, filosofi, termasuk trik2 menggombali pria ha ha ha (klo yg satu ini bakat dari lahir). Dia juga jadi teman ngobrol saya sampai larut malam, ketika saya harus mengerjakan pekerjaan di kantor hingga larut malam. Anyway, my biggest wishes is meeting her & feel the warmness that she can gives in a real world. Thanks ma big sistah 4 everything