Tuesday, May 02, 2006

SaRaPaN PaGi KhAs BaLiKpaPaN

Nah kali ini saya mau ngebahas menu sarapan pagi yang jadi makanan favorit orang2 di wilayah Kalimantan Timur (Balikpapan dan sekitarnya khususnya). Biasanya sih menu yang disajikan oleh warung2 kecil di Balikpapan adalah nasi kuning dan nasi pecel. Kalau di daerah jawa, biasanya nasi kuning disajikan pada momen-momen spesial saja seperti acara syukuran, ultang tahun, dan yang paling sering sih pas ada acara 17-an. Dan tentu saja kalau makan nasi kuning nggak lengkap kalo nggak sama telur rebus, perkedel, ayam goreng, kering tempe, potongan telur dadar, urap serta abon (pilih salah satu aja lauknya jangan semua hehehe). Nah kalau di sini nasi kuning itu dijadikan sarapan sehari2...asik kan ??? Agak beda dari far far away cousin di Jawa *sepupu jauh maksudnya* disini nasi kuning disajikan bersama telur pindang, ayam bumbu pedas, ikan bumbu pedas, sambal goreng ati rempela, mie goreng, orak arik tempe. Selain itu rasanya juga beda (iyalah *pletaks*), rasa kalimantan hehehe. Udah gitu porsinya lumayan banyak loh..dengan harga berkisar 5 ribu - 7 ribu rupiah bisa bikin kita nggak makan siang lagi sangking banyaknya. Nah pagi ini saya sarapan nasi kuning, setelah hampir 2 bulan saya tidak mencicipi masakan itu rasanya rindu buat makan nasi kuning. Makanya kemaren sore saya minta tolong sofyan buat beli nasi kuning yang ada di depan kantor komaritim. Buat yang mau boleh ke sini aja nanti saya traktir degh...untuk sementara nikmati aja gambarnya yah hehehehe